Sebelumnya
kita membahas dulu tentang Animasi objek
3 dimensi yang nantinya akan menjadi dasar dalam animasi cara kerja hati. Pemrograman grafis 3d terdiri dari 4 elemen, yaitu objek atau
grup objek, material objek, pencahayaan, dan camera. Objek 3d dari OpenGL
terdiri dari beberapa proses sebelum ditampilkan pada suatu window.
Objek melewati modelview
matrix -> clipping -> projection
matrix -> viewport matrix -> window.
Sebuah matrik hanya merupakan operasi matematika matrix sederhana. Matrix-matrix mentransformasikan objek menjadi tampilan sesuai yang diinginkan. Ada terdapat 2 jenis Objek 3 Dimensi yang dipakai oleh OpenGL, yakni Wire dan Solid, kemudian kita akan membahas untuk mengetahui perbedaan dari keduanya.
Sebuah matrik hanya merupakan operasi matematika matrix sederhana. Matrix-matrix mentransformasikan objek menjadi tampilan sesuai yang diinginkan. Ada terdapat 2 jenis Objek 3 Dimensi yang dipakai oleh OpenGL, yakni Wire dan Solid, kemudian kita akan membahas untuk mengetahui perbedaan dari keduanya.
Fungsi Wire merupakan implementasi dari object 3Dberupa kerangka benda yang berpusat pada asal pemodelan sistem koordinat. Utara dan kutub selatan bola berada di Z positif dan negatif sumbu-masing-masing dan meridian utama persimpangan sumbu X positif.
Berikut adalah list untuk bangun kerangka pada 3D:
a. Ukuran adalah panjang sisi
void glutWireCube(GLdouble size);
b. Fungsi glutWireSphere dan glutSolidSphere membuat bola
berpusat pada asal pemodelan sistem koordinat. Utara dan kutub selatan bola
berada di Z positif dan negatif sumbu-masing-masing dan meridian utama
persimpangan sumbu X positif.
void glutWireSphere(GLdouble radius,GLint slices,
GLint stacks);
c. Ukuran benda ditentukan dari dasar jari-jari alasnya.
void glutWireCone(GLdouble base, GLdouble height,GLint
slices, GLint stacks);
d. Render ditentukan melalui 12 sisi. Berpusat pada
asal,dan dengan radius sama dengan kuadrat dari 3.
void glutWireTorus(GLdouble innerRadius, GLdouble
outerRadius, GLint nsides, GLint rings);
e. Renders padat atau wireframe 12-sisi biasa
padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sama dengan akar kuadrat
dari 3
void glutWireDodecahedron(void);
f. Renders padat atau wireframe 4-sisi biasa
padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sama dengan akar kuadrat
dari 3.
glutWiredTetrahedron void (void);
g. Renders padat atau wireframe 8-sisi biasa
padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sebesar 1.0.
void glutWireOctahedr5(void);
h. Renders padat atau wireframe 20-sisi biasa
padat. Berpusat di sekitar asal dan dengan radius sebesar 1.0.
void glutWireIcosahedron(void);
i.
Render dengan
membuat membuat poci teh
void glutWireTeapot(GLdouble size);
1.
Gunakan beberapa
fungsi tambahan untuk memanggil fungsi reshape dengan cara menambahkan fungsi
glutReshapeFunc (reshape);. Fungs-fungsi di bawah adalah inisialisasi 3dimensi
grafika komputer menggunakan opengl.
Objek 3D yang akan dibuat oleh kelompok adalah ORGAN HATI. Dimana bentuk hati ini akan dibuat dengan aplikasi 3DMAX dengan bentuk kurang lebih sbb :
Sedangkan isi detail dari organ hati yang ditampilkan kurang lebih akan menghasilkan seperti ini.
By: Kelompok 7
Khafidurrohman Agustianto (100533402595)
Khusnul Qotimah (100533402568)
M. Qomarulloh Baidowi (100533404328)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar