Senin, 31 Oktober 2011

Puasa Tarwiyah dan Arofah


Selamat datang saudaraku seiman dan sekeyakinan.
         Bulan dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang memiliki banyak keutamaan. Pada bulan inilah manusia melaksanakan ibadah haji ke baitulloh Makkatul Mukarromah wa Madinatul munawwaroh, namun bagi kita yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan. Diantaranya yaitu puasa pada 10 hari pertama bulan dzulhijjah, namun yang memiliki fadilah paling besar diantara puasa sepuluh hari pertama adalah puasa pada tanggal 8 dzulhijjah yang disebut PUASA TARWIYAH dan puasa tanggal 9 dzulhijjah yang disebut PUASA AROFAH. 
         Pada tanggal 8 bulan dzulhijjah inilah nabiyulloh Ibrahim A.S perintahkan untuk menyembelih anaknya Ismail A.S sebagai kurban yang terjadi melalui mimpi, namun nabi Ibrahim belum yakin terhadap apa yang diimpikannya, setelah itu pada tanggal 9 dzulhijjah nabi Ibrahim mendapati mimpi yang sama yaitu perintah untuk menyembelih putranya Ismail. saat  itulah nabi Ibrahim baru percaya bahwa apa yang ada dalam mimpinya merupakan perintah Allah S.W.T.dan pada tanggal 9 Dzulhijjah ini pula mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji wajib melakukan wuquf(berdiam diri) di padang Arofah.Itulah sedikit tentang hari tarwiyah dan arafah.
         Andaikan Allah tidak mengganti kurban nabi Ismail dengan binatang ternak, mungkin kitalah yang dijadikan kurban oleh orang tua kita. Subhanallah..Maha Besar Engkau dengan segala KaruniaMu.
   
Adapun niat untuk puasa Tarwiyah dan arofah adalah sebagai berikut :


Niat puasa Tarwiyah
نويت صوم ترويه سنة لله تعالى
NAWAITU SAUMA TARWIYAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALAH
“ Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”


Niat puasa Arofah

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى
NAWAITU SAUMA ARAFAH SUNNATAN LILLAHI TA'ALAH
“ Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.”


Setelah itu barulah kita melaksanakan ibadah idul adha pada tanggal 10 Dzulhijjah, dan seusai sholat biasanya diadakan penyembelihan binatang kurban.Dan perlu diketahui bahwa 3 hari setelah idul adha kita DIHARAMKAN untuk berpuasa.

pada tahun ini, Puasa Tarwiyah bertepatan dengan hari jumat tanggal 4 November 2011, puasa Arofah jatuh pada tanggal 5 November 2011. dan idul adha Insyallah tanggal 6 November 2011

Semoga bermanfaat.
Salam ukhuwah Islamiah..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar